Rilis SekarOS beta 2 untuk UNNES

Tentang SekarOS

Linux SekarOS adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Universitas Negeri Semarang Open Source Community (OSC-UNNES). Distribusi ini dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer di Universitas Negeri Semarang. Linux SekarOS dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Universitas Negeri Semarang, khususnya untuk dunia pendidikan, administrasi dan research. Linux SekarOS merupakan bagian dari gerakan Open Source di Universitas Negeri Semarang �untuk memiliki cakupan yang lebih luas lagi. Gerakan ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sumber daya Universitas Negeri Semarang dalam konteks perangkat lunak bebas dan terbuka.

Fitur Utama SekarOS

SekarOS dilengkapi dengan berbagai perangkat lunak baru. Kernel sebagai inti sistem operasi pada SekarOS Beta 2 telah menggunakan Kernel Linux versi 3.13.0-34. SekarOS dikembangkan dari xUbuntu yang merupakan salah salah satu sistem operasi berbasis linux yang ringan dan mudah digunakan.

  • Inti (kernel) sistem operasi : 2.6.38
  • Desktop : Xfce 4.10
  • Dukungan Wireless untuk berbagai perangkat jaringan
  • Dukungan perangkat printer lokal ataupun jaringan
  • Dukungan banyak format populer Office
  • Dukungan banyak format populer multimedia (flv, mp4, avi, mov, mpg, mp3, wma, wav, ogg, dll

Pengguna SekarOS

SekarOS dapat dipakai oleh pengguna yang sehari-hari bekerja di depan komputer dengan berbagai latar belakang. Pengguna komputer dapat memakai SekarOS untuk menjaga data mereka, karena sistem operasi SekarOS kebal terhadap beragam virus dan memiliki mekanisme atau pengaturan keamanan yang baik. Berbagai aplikasi yang disiapkan pengembang SekarOS mampu menjawab beragam kebutuhan pengguna dari berbagai kalangan di Universitas Negeri Semarang, seperti mahasiswa, dosen, karyawan dan seluruh civitas akademika di lingkungan Universitas Negeri Semarang.

Program Aplikasi

Berikut ini beberapa paket atau aplikasi yang ada di SekarOS:

  • Aplikasi Perkantoran: WPS Office
  • Aplikasi Grafis: Gimp, Inkscape
  • Aplikasi Internet: Chromium, FireFox, Pidgin, Thunderbird
  • Aplikasi Multimedia: SMplayer, RhythemBox

Kelebihan SekarOS

SekarOS memiliki beragam kelebihan, antara lain:

  • Tersedia launcer akses layanan Unversitas Negeri Semarang
  • Pengembangan yang konsisten, tiap tahun tersedia versi baru
  • Pengembangan dilakukan oleh UNNES Open Source Community
  • Menggunakan tampilan Windows, diharapkan mempermudah user ex-windows dalam bermigrasi
  • Tersedia beragam pilihan media: LiveCD, DVD instalasi, LiveUSB
  • Berukuran ringkas, satu LiveCD berisi sistem operasi, aplikasi perkantoran, multimedia, internet, permainan dsb.

Persyaratan Perangkat Keras

Perangkat keras yang diperlukan untuk menjalankan sistem SekarLinux adalah:

  • Processor Intel, AMD, Cyrix atau VIA dengan kecepatan setara Pentium III, disarankan setara Pentium IV atau diatasnya.
  • RAM minimal 512 MB, RAM lebih besar akan lebih baik.
  • Untuk instalasi ke harddisk perlu partisi kosong minimal 8 GB, disarankan >= 20 GB
  • Tersedia CD ROM atau DVD ROM
  • Kartu VGA dengan RAM minimal 4 MB, sebaiknya RAM >= 16 MB
  • Kartu Suara
  • Kartu Jaringan
  • Monitor CRT, LCD atau LED dengan resolusi minimal 1024x600
  • Keyboard dan Tetikus (mouse)
Unduh SekarOS Beta 2 Mirror 1 SekarOS Beta 

OSC-UNNES

OSC-UNNES adalah komunitas pengembang dan pengguna Opensource di Universitas Negeri Semarang. Kami membuka pintu selebar-lebarnya untuk teman-teman yang ingin bergabung dan ikut mengembangkan SekarOS.

Kritik, Saran, dan Komentar

Kami sangat terbuka dengan hal-hal positif yang berkaitan dengan pengembangan SekarOs. 

https://docs.google.com/spreadsheet/viewform?formkey=dEFVOHM3M1QtSkpiT3MzMzg1Y0ZTbGc6MA
Kirim Saran ke Pengembang

Leave a Comment

Filed under distro, ISO

Pascal untuk Android

Sejak munculnya Android maka bagi penggemar Pascal selalu muncul pertanyaan:"Bisakah Pascal dan sejenisnya membuat aplikasi yang dapat dikenali oleh Android? Rasanya sangat menjengkelkan kalau program kesayangan ini tidak bisa berbuat apa-apa dengan munculnya sistem operasi Android.

Tapi syukurlah, akhirnya muncul juga dari komunitas Pascal, Free Pascal memunculkan rilis Pascalnya dengan nama CodeTyphon yang dapat dijalankan di berbagai OS. Begini penjelasannya.

Link: http://www.pilotlogic.com/sitejoom/index.php/codetyphon


 

 CodeTyphon

About

CodeTyphon is the FREE "Pascal Visual Programming Studio", for Cross-Platform Native Development, with Multi-CPU, Multi-OS, Multi-Platform and Cross-Build abilities.

Has Typhon VIDE (Visual Integrated Development Environment)+ FreePascal compiler+Tools+Free Components packages+Free Libraries and all these with full source and samples.

CodeTyphon Programming Studio is completely free of cost for you to enjoy and share. We believe we should use and distribute the software and content we promote to accomplish our mission of advancing free software. We provide free alternatives to proprietary code and content to make CodeTyphon completely free and redistributable for everyone. That way, anyone can use any of our work for their own purposes, without legal hassles, to further spread free software.

CodeTyphon has been designed to be simple to operate yet powerful enough to fulfill all your professional programming needs. We've added many new features to CodeTyphon over the course of its development. Our focus is on delivering power and usability at the same time and making your software development enjoyable without overloading your senses. We intend to continue improving and stabilizing CodeTyphon to give you the best programming experience possible.

We hope you will have a good time using CodeTyphon. If not, please help us make it better by reporting bugs and suggestions to our Forums.

This Project is licensed as: Freeware.


Silahkan langsung akses ke http://www.pilotlogic.com/sitejoom/

Bagi pengguna Ubuntu dapat langsung akses ke http://www.pilotlogic.com/sitejoom/index.php/forum/linux-development/2834-lab-codetyphon-on-ubuntu-14-04

Comments Off

Filed under Aplikasi, Open source, Software

18 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Memasang Ubuntu 14.04 Trusty Tahr

Setelah memasang Ubuntu 14.04 standard terkadang kita perlu memasang beberapa aplikasi atau fitur untuk kelengkapan sehingga isi Ubuntu lebih baik. Berikut ini paparannya:

1. Update the system

Hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah update agar sistem menjadi uptodate dengan repositori online. Lakukan perintah berikut:

$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get upgrade

2. Install Aptitude, Synaptic and Gdebi

Ubuntu software center sudah terpasang tetapi synaptic lebih cepat, lebih sederhana dan lebih mudah. Perintah aptitude adalah alternatif apt-get. Perintah gdebi sangat berguna untuk memasang file deb secara manual.

$ sudo apt-get install aptitude synaptic gdebi-core

Continue reading

Comments Off

Filed under Aplikasi, Panduan